Tips Perjalanan Udara Untuk Anjing Peliharaan

Tips Perjalanan Udara Untuk Anjing Peliharaan

Kalian memiliki anjing peliharaan di rumah? Pernah terpikir untuk mengajak anjing kalian pergi liburan dengan naik pesawat? Beruntunglah bagi pemilik anjing karena hewan peliharaan ini dapat melakukan perjalanan udara lebih baik dari pada kucing. Jika anjing terbiasa dengan perjalanan mobil, maka perjalanan udara seharusnya tidak menjadi masalah sama sekali. Cobalah beberapa tips perjalanan udara untuk anjing peliharaan, agar anjing peliharaan kalian merasa aman dan tenang selama liburan.

 

1. Pastikan Kesehatan Anjing Kalian Sebelum Melakukan Perjalanan Udara

Pastikan Kesehatan Anjing
Pastikan Kesehatan Anjing

Tips perjalanan udara untuk anjing peliharaan yang pertama adalah dengan memastikan kondisi kesehatan anjing sebelum kalian bepergian bersama. Karena hal itu akan membuat si anjing itu sendiri merasa nyaman saat bepergian dengan perjalanan udara. Selain itu peraturan yang ada pun mengharuskan bahwa seekor anjing harus telah dinyatakan sehat dalam waktu 10 hari sebelum melakukan perjalanan. Anjing haruslah sudah divaksinasi dan bebas dari penyakit menular. Hal ini sangat penting untuk perjalanan hewan peliharaan, baik itu hewan peliharaan yang besar maupun kecil.

 

2. Perjalanan Udara Ke Luar Negeri Dapat Menyebabkan Anjing Dikarantina

Anjing Dikarantina
Anjing Dikarantina

Jika kalian berencana akan membawa anjing kalian untuk melakukan travelling ke luar negeri, maka perlu diingat bahwa beberapa negara terpencil seperti Selandia Baru dan Inggris akan melakukan karantina terhadap hewan peliharaan yang tiba melalui perjalanan udara. Sebelum kalian melakukan perjalanan udara ke luar negeri, biasakanlah untuk mencari informasi mengenai hukum, persyaratan dan prosedur yang ada di negara tujuan kalian. hal itu akan membantu kalian untuk meminimalisir hal-hal yang tidak di inginkan selama perjalanan bersama hewan peliharaan kalian.

Baca Juga :  5 Tips Travelling Yang Akan Mempermudah Liburanmu

 

3. Jangan Berikan Obat Penenang Pada Anjing Kalian

Jangan Berikan Obat Penenang Anjing
Jangan Berikan Obat Penenang Anjing

Meskipun dengan memberikan obat penenang kepada anjing yang melakukan perjalanan udara mungkin tampak seperti ide yang bagus, namun pada kenyataannya ternyata tidak bagus. Obat penenang adalah penyebab utama kematian atau penyakit pada kebanyakan anjing yang melakukan perjalanan udara. Jika terjadi apa-apa maka seekor anjing tidak dapat menerima perawatan medis dengan segera selama melakukan perjalanan udara. Jadi obat yang dirasa tidak perlu diberikan kepada anjing peliharaan sebaiknya tidak usah diberikan terutama kepada anjing yang melakukan perjalanan udara.

 

4. Latihlah Anjing Kalian Sebelum Melakukan Perjalanan Udara

Latihan Anjing
Latihan Anjing

Tips perjalanan udara untuk anjing peliharaan yang terakhir adalah dengan melatih anjing kalian. Latih anjing kalian sebelum melakukan perjalanan udara adalah cara terbaik untuk memastikan kalian akan mendapatkan penerbangan yang nyaman. Karena Biasanya anjing dengan ukuran sedang sampai ukuran besar akan ditempatkan pada bagian kargo selama penerbangan. Kalian dapat membantu melepaskan ketegangan dan ketidaknyamanan pada anjing kalian dengan mempersiapkannya untuk perjalanan udara terlebih dahulu.

Lakukan hal ini dengan mengajak anjing kalian untuk berada di dalam peti atau kandang anjing untuk waktu yang lama. Pastikan juga anjing kalian tetap merasa tenang meskipun dengan orang asing, baik ketika berada di lingkungan yang sibuk ataupun di lingkungan yang tidak nyaman. Demikianlah beberapa tips perjalanan udara untuk anjing peliharaan yang bisa kalian lakukan. Semoga informasi yang telah diberikan bermanfaat untuk kalian.