Virus Komputer

4 Tips Cara Menghindari Virus Komputer Secara Ampuh

Pernah merasa jengkel dengan yang namanya virus pada komputer? Langkah-langkah yang tepat sangat diperlukan untuk menghindari virus pada komputer dan membuat komputer kita terlindungi dari yang namanya virus komputer. Pada artikel kali ini akan diberikan 4 tips cara menghindari virus komputer secara ampuh.

Komputer merupakan alat yang sangat membantu dalam urusan pekerjaan, sekolah dan dalam kehidupan sehari-hari kalian. Sungguh menakjubkan bagaimana perangkat ini bisa diandalkan asalkan alat ini berada dalam keadaan yang baik. Ketika virus mulai menginfeksi sistem komputer kalian, maka virus itu bisa merusak file informasi penting dan bahkan tak jarang menyebabkan hilangnya hasil pekerjaan kalian.

Karena itu pentingnya menjaga komputer kalian agar selalu berada dalam keadaan yang “sehat”. Berikut ini adalah 4 tips cara menghindari virus komputer secara ampuh.

 

1. Memiliki Software Anti Virus

 

Software Anti Virus
Software Anti Virus

Setiap komputer harus memiliki software anti virus yang telah terinstal pada sistem komputer. Kebanyakan laptop dan PC sudah memiliki program anti virus sebagai bagian dari fitur yang dimiliki oleh sistem, namun layanan software anti virus harus terus diperpanjang dengan cara membayar biaya langganan. Alternatif lain kalian bisa mendownload anti virus yang bersifat gratis dari internet. Nama-nama software antivirus yang umumnya dikenal adalah McAfee dan Norton. Untuk anti virus lokal buatan dalam negeri sendiri antara lain Smadav.

Mengapa ada beberapa anti virus yang tersedia secara gratis? Hal ini dikarenakan banyak pengembang anti virus baru yang menawarkan instalasi program anti virus mereka secara gratis dalam rangka membangun nama brand untuk diri mereka sendiri dan untuk memiliki resume yang mengesankan sebelum mereka mulai mengenakan biaya untuk berlangganan anti virus mereka. Jangan lupa untuk selalu melakukan update anti virus kalian secara berkala, semisal seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Baca Juga :  Beberapa Hal Penting Untuk Diketahui Sebelum Beli Smartphone Refurbished

 

2. Memiliki Anti-Spyware

Software Anti Spyware
Software Anti Spyware

Memiliki program anti-spyware yang berjalan dalam sistem laptop atau PC dapat membantu kalian untuk meningkatkan perlindungan komputer kalian. Lantas apakah itu spyware? Banyak orang yang mengira bahwa spyware dan virus komputer itu sama, namun sebenarnya berbeda. Memang keduanya sama-sama termasuk malware, yaitu program yang dibuat untuk kepentingan yang tidak baik. Virus dibuat dengan tujuan untuk merusak sistem komputer. Sedangkan spyware tidak dibuat dengan tujuan untuk merusak sistem.

Spyware dibuat untuk memata-matai pengguna komputer. Seorang pengguna komputer bisa kecolongan nomor kartu kredit dan password akibat spyware. Informasi itu akan dikirim ke pemilik program spyware dan pemilik spyware akan menggunakan informasi itu untuk kepentingan dirinya sendiri. Ada beberapa program anti-spyware yang cukup terkenal salah satunya Avast.

 

3. Melakukan Scan Sistem

Scan Sistem
Scan Sistem

Sering-seringlah melakukan scan sistem komputer secara teratur. Hal ini akan memastikan bahwa sistem komputer kalian selalu dalam kondisi yang baik. Kalian bisa melakukan scan setiap kali kalian menyalakan komputer. Kalian juga bisa melakukan scanning sistem ketika akan melakukan copy data dari sumber eksternal seperti flashdisk atau harddisk eksternal.

Hal ini akan membantu kalian agar tidak ada virus atau spyware yang masuk ke sistem komputer kalian dari sumber eksternal. Untuk memudahkan, kalian bisa mengatur jadwal scan sistem secara otomatis, sehingga sistem akan otomatis melakukan scanning sistem komputer sesuai dengan jadwal yang sudah kalian tentukan sebelumnya.

Baca Juga :  5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Laptop

 

4. Melakukan Update Sistem

Update Sistem
Update Sistem

Sistem operasi yang kalian gunakan harus selalu up-to-date. Ketika sistem memberi tahu bahwa sudah terdapat update terbaru dari sistem operasi yang kalian gunakan maka penting untuk melakukan update sistem sesegera mungkin. Update sistem berguna untuk menambal celah keamanan atau bugs yang ada pada versi sistem operasi sebelumnya. Menjaga sistem operasi yang selalu up-to-date sama dengan melindungi komputer kalian dari “penyakit”.

Jika sistem komputer kalian terinfeksi dengan virus maka kalian jangan panik terlebih dahulu. Kemungkinan kalian akan dapat menghilangkan virus tersebut. Kalian dapat memanggil seseorang yang ahli atau yang tahu tentang komputer ketika sistem kalian terinfeksi virus. Hal ini dapat meminimalkan kerusakan pada sistem komputer kalian karena setiap orang yang benar-benar paham tentang komputer akan tahu semua teknik penghapusan virus dari sistem komputer secara tepat.

Demikianlah beberapa tips cara menghindari virus komputer secara ampuh. Semoga informasi yang telah diberikan bermanfaat untuk kalian semua.