Taman Nasional Komodo

Menikmati Eksotisnya Taman Nasional Komodo

Nama taman nasional komodo pastinya sudah tidak asing lagi bukan khususnya bagi kita orang Indonesia. Lantas ketika mendengar nama tempat tersebut hal apa yang pertama kali terbayang? Pastinya adalah hewan komodo yang merupakan kadal terbesar di dunia sekaligus maskot dari taman nasional komodo ini. Ingin tau keindahan apalagi yang bisa kita temukan ketika berkunjung kesana? Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Taman nasional komodo merupakan salah satu taman nasional di Indonesia yang letaknya berada di antar dua provinsi, yaitu provinsi Nusa Tenggara Timur dan provinsi Nusa Tenggara Barat. Kawasan ini ditetapkan sebagai taman nasional komodo pada tanggal 6 Maret 1980.

Menurut infomasi dari Wikipedia taman nasional komodo ini terdiri atas tiga pulau besar, yaitu pulau Komodo, pulau Rinca dan pulau Padar serta beberapa pulau kecil lainnya. Taman nasional komodo mempunyai wilayah berupa daratan seluas 603 km² dan wilayah totalnya adalah 1817 km². Bertepatan pula pada hari ini (6 Maret 2017), taman nasional ini telah berusia 37 tahun bahkan salah satu mesin pencari terkenal Google pun turut merayakannya melalui Google Doodle.

Google Doodle HUT Ke-37 Taman Nasional Komodo
Google Doodle HUT Ke-37 Taman Nasional Komodo

Salah satu hewan terkenal yang menjadi maskot taman nasional ini adalah biawak komodo yang merupakan kadal terbesar di dunia dan hanya ada di Indonesia. Jelas komodo inilah yang menjadi daya tarik utama mengapa orang-orang datang ke tempat ini. Namun selain karena komodo yang menjadi daya tariknya, pemandangan alamnya pun sangat indah dan eksotis.

Baca Juga :  6 Cara Mengatur Uang Saat Liburan Dengan Kelompok

Kalian bisa menikmati indahnya pantai ataupun mendaki bukit-bukit indah untuk menikmati pemandangan dari atas. Pstinya sangat menarik jika kalian berlibur bersama teman atau keluarga. Berikut ini gambar dari beberapa pemandangan alam yang bisa kita nikmati ketika kita berkunjung ke taman wisata komodo.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Ternyata tidak hanya komodo saja yang menjadi alasan untuk ke taman nasional ini, tetapi juga karena pemandangan alamnya yang luar biasa indah. Menurut data pada taman ini terdapat padang rumput dan hutan savana yang luasnya mencapai kurang lebih 70% dari luas taman nasional komodo. Sedangkan sisanya merupakan vegetasi hutan tropis musim dengan beberapa jenis tumbuhan.

Di taman kita juga bisa menikmati wisata bahari seperti kegiatan memancing, snorkeling, diving, kano hingga bersampan ria. Sedangkan untuk di daratannya kegiatan yang bisa dilakukan adalah pengamatan satwa, hiking dan camping. Selain itu terdapat beberapa spot menarik juga diantaranya Loh Liang di pulau Komodo dan Loh Buaya di pulau Rinca. Mengunjungi taman nasional komodo dan menikmati pemandangan alamnya yang sangat indah dan eksotis pastinya akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah kita lupakan.