Smartphone Refurbished

Beberapa Hal Penting Untuk Diketahui Sebelum Beli Smartphone Refurbished

Zaman sekarang semakin banyak orang yang menjadi kecanduan untuk memiliki gadget keluaran terbaru agar selalu terlihat up-to-date. Bahkan trend-nya saat ini jika ada smartphone yang baru di rilis akan ada beberapa orang yang berani untuk datang dan berbaris di luar toko untuk memastikan bahwa mereka akan menjadi yang pertama untuk melihat dan membeli gadget tersebut. Namun bagaimana jika kita menginginkan gadget yang bisa dibilang keluaran terbaru namun terbatas di budget yang kita miliki? Pernah terpikir untuk membeli gadget refurbished tapi masih ragu-ragu? Pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang beberapa hal penting untuk kalian ketahui sebelum memutuskan untuk beli smartphone refurbished.

Ada banyak orang yang memang hanya suka membeli gadget keluaran terbaru setiap tahun. Namun tidak sedikit juga yang menginginkan smartphone terbaru tapi memiliki budget yang bisa dibilang pas-pas an. Jika kalian termasuk orang yang menginginkan smartphone terbaru tapi tidak memiliki budget yang sesuai dengan gadget idaman yang akan dibeli, mungkin kalian akan mempertimbangkan untuk beli smartphone refurbished.

Smartphone refurbished merupakan smartphone yang sebelumnya sudah pernah dipakai oleh orang lain atau bisa juga gadget yang memiliki cacat produksi. Gadget ini dikembalikan ke pabrik pembuatnya untuk di reparasi dan di uji coba sehingga gadget tersebut dinyatakan layak untuk dijual kembali ke pasaran.

Smartphone refurbished memang cukup menggoda karena dijual dengan harga dibawah harga normalnya. Jika dilihat dari tampilannya pun, gadget refurbished tidak ada bedanya dengan gadget baru dengan tipe dan merek yang sama. Nah jika kalian belum benar-benar mantap untuk beli smartphone refurbished, maka ada baiknya membaca beberapa hal yang harus kalian ketahui tentang barang refurbished.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat Smartphone Terbaru Blackberry Aurora

 

1. Jaminan Garansi

Jaminan Garansi
Jaminan Garansi

Jika kalian adalah tipe orang yang suka membeli barang dengan jaminan garansi selama minimal 1 tahun untuk smartphone baru atau gadget lainnya, maka jika kalian ingin beli smartphone refurbished harus benar-benar memperhatikan soal garansi. Karena ada smartphone refurbished yang menyertakan garansi dengan jangka waktu yang tidak sama dibanding dengan smartphone yang baru.

Tanyakan jika perlu kepada penjual tentang masalah jaminan garansi dan cara melakukan klaim jika suatu saat perangkat mengalami masalah. Jangan sampai karena tergoda harga murah, kalian beli smartphone refurbished dengan jaminan garansi yang tidak dan akhirnya kalian berakhir dengan penyesalan.

 

2. Kualitas Smartphone

Kualitas Smartphone
Kualitas Smartphone

Sekali lagi diingatkan bahwa smartphone refurbished merupakan smartphone yang dijual kembali karena mungkin alasan pemilik sebelumnya kecewa saat menggunakan fitur dan kinerja dari smartphone tersebut atau bisa juga karena masalah malfungsi dan adanya kecacatan produk.

Jika kalian tidak yakin tentang kualitas smartphone refurbished yang akan kalian beli, maka disarankan kalian tidak perlu membelinya sekalipun barang tersebut dijual dengan harga murah. Namun jika smartphone refurbished dari pabrikan terkenal mungkin akan memiliki kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

 

3. Harga Lebih Murah

Harga Lebih Murah
Harga Lebih Murah

Jika kalian berencana ingin beli smartphone refurbished maka pastikan harganya tidak dijual sama dengan harga smartphone baru. Pada umumnya smartphone refurbished dijual dengan harga yang lebih murah dikarenakan tidak banyak orang yang berani mengambil resiko untuk membeli barang refurbished. Namun perlu juga diperhatikan bahwa jika suatu saat kalian akan menjual smartphone kalian ke orang lain, maka bisa dipastikan harga jual kembali akan lebih rendah lagi.

Baca Juga :  Penjualan Smartphone Sony Xperia Tercatat Menurun

 

4. Jangka Waktu Pemakaian

Jangka Waktu Pemakaian
Jangka Waktu Pemakaian

Hal terakhir yang perlu dipikirkan adalah dalam jangka berapa lama kalian berencana akan menggunakan smartphone refurbished tersebut? Jika kalian akan menggunakan smartphone tersebut untuk keperluan bisnis maupun penggunaan jangka panjang yang lebih dari 2 tahun, maka kalian disarankan tidak harus membeli barang refurbished.

Lebih baik jika kalian punya penghasilan yang lebih dipakai untuk membeli smartphone baru yang bukan refurbished. Karena perlu diperhatikan juga bahwa ada kemungkinan smartphone refurbished akan rentan terhadap malfungsi atau kerusakan di masa yang akan datang.

Demikianlah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum memutuskan untuk beli smartphone refurbished. Smartphone refurbished memang mampu menggoda orang banyak untuk memilikinya dikarenakan dengan harganya yang murah, namun seorang pembeli yang bijak juga perlu untuk memikirkan hal-hal penting lainnya sebelum benar-benar memutuskan untuk beli smartphone refurbished. Semoga informasi ini bermanfaat.