Mengatasi Masalah Printer

Beberapa Cara Mengatasi Masalah Pada Printer

Menangani masalah pada printer umumnya sangat tidak menyenangkan, terutama pada saat di tempat kerja. Salah satu momen yang paling membuat frustrasi adalah ketika di tempat kerja kalian ingin mencetak dokumen yang sangat dibutuhkan segera dan printer yang kalian gunakan mengalami masalah. Kemudian yang lebih parahnya lagi ketika teknisi printer sedang tidak ada di tempat dan kalian tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara untuk mendiagnosa masalah pada printer dan cara memperbaikinya. Sangat menyebalkan bukan? Tenang, karena pada artikel ini kita akan membahas masalah yang umumnya terjadi pada printer dan bagaimana cara mengatasinya. Karena itu penting bagi kita untuk mengetahui beberapa cara untuk mengatasi masalah pada printer yang umumnya terjadi.

Kalian tidak perlu lagi khawatir ataupun gugup karena setelah kalian mengetahui masalah pada printer yang umumnya terjadi dan bagaimana cara untuk mengatasinya, maka kalian pasti bisa menanganinya sendiri tanpa bantuan teknisi. Berikut ini beberapa masalah umum pada printer.

 

1. Printer Tidak Mau Mencetak

Printer Tidak Mau Mencetak
Printer Tidak Mau Mencetak

Jika printer tidak merespon perintah untuk mencetak, alasan yang paling umum dan jelas adalah bisa jadi karena masalah listrik. Periksalah jika daya listrik printer tidak mati sehingga mempengaruhi perintah untuk mencetak. Jangan lupa juga periksa kabel USB dan kabel listrik lainnya.

Driver printer mungkin bisa jadi perlu di instal ulang jika file driver yang telah terinstal bermasalah. Untuk menginstal ulang driver, kalian dapat menggunakan CD yang diikutsertakan dalam paket pembelian printer atau bisa juga download dari website resmi pembuat printer tersebut.

Baca Juga :  Xiaomi Redmi 4X Resmi Diluncurkan!

 

2. Lambat Dalam Mencetak

Lama Dalam Mencetak
Lama Dalam Mencetak

Ada kalanya kalian bosan menunggu karena printer lambat dalam merespon perintah dari pengguna. Hal ini terutama terjadi ketika mencetak dengan jenis kertas tertentu atau mencetak dengan kualitas terbaik. Jika hal ini terjadi, bukalah menu pengaturan dan ubah konsep pencetakan dari normal ke cepat namun perlu diingat bahwa pengaturan ini dapat mempengaruhi resolusi hasil cetakan. Sedangkan jika kalian ingin mencetak dengan kualitas tinggi, maka harus mengembalikan pengaturan pencetakan ke normal.

Terkadang jika menggunakan kertas biasa dapat mempercepat proses pencetakan dan masih bisa menghasilkan cetakan dengan kualitas baik. Printer bisa menjadi lambat tergantung pada driver yang sudah di instal. Kebanyakan printer laser dan printer inkjet saat ini memberikan pilihan menggunakan PostScript atau driver printer itu sendiri. Driver PostScript menghasilkan cetakan dengan kualitas tinggi namun dengan kecepatan yang lambat. Penyesuaian ini harus dicermati sebelum menerapkannya pada printer.

 

3. Kertas Macet Saat Mencetak

Kertas Macet
Kertas Macet

Kertas yang macet saat mencetak seharusnya tak membuat kalian jadi terlalu panik karena semua printer rentan terhadap kertas yang macet disebabkan oleh masalah teknis sederhana, sebab yang paling sering adalah penataan kertas yang tidak rapi pada bagian tray. Jika ini terjadi maka lepaskan kertas dengan mengikuti instruksi pesan yang ditunjukkan pada layar printer. Cara alternatif lainnya adalah dengan membuka tempat kertas dan mengambil kertas yang macet lalu memastikan bahwa kertas sudah ditata dengan rapi. Periksa juga jika ada potongan kertas pada rol printer dan membuangnya secara perlahan.

Baca Juga :  5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Laptop

 

4. Printer Menghabiskan Tinta Lebih Cepat

Tinta Printer
Tinta Printer

Harga tinta untuk semua tipe printer umumnya mahal sehingga menjengkelkan ketika printer menghabiskan terlalu banyak tinta. Untuk sebagian besar printer yang mahal biasanya menghabiskan lebih sedikit tinta saat mencetak. Selalu gunakan tinta asli atau toner untuk printer kalian dan jika kondisi yang tidak normal ini terus berlanjut, periksa driver printer kalian untuk membantu mengurangi konsumsi tinta atau toner.

Strategi terbaik untuk menghemat biaya tinta atau toner adalah berpikir dahulu sebelum kalian mencetak sesuatu. Dalam kebanyakan kasus, hardcopy tidak terlalu dibutuhkan karena dokumen dapat dibaca atau di kirim melalui email kepada rekan kerja kalian dalam bentuk softcopy.

 

5. Hasil Cetakan Tidak Terlalu Jelas & Terdapat Garis Horizontal

Hasil Cetakan Tidak Sempurna
Hasil Cetakan Tidak Sempurna

Mungkin kalian pernah mendapatkan hasil cetak yang tidak sempurna saat mencetak dokumen penting seperti curriculum vitae ataupun laporan pekerjaan. Masalah pada printer ini diakibatkan oleh printhead yang kotor dan biasanya sering terjadi pada printer inkjet. Kotoran tersebut disebabkan oleh gumpalan tinta yang dapat dibersihkan oleh program pemeliharaan printer. Gunakan program pemeliharaan tersebut dan ikuti petunjuknya langkah demi langkah tentang cara membersihkan printhead yang benar.

Berikut ini beberapa link untuk pergi ke halaman pengunduhan driver dari beberapa website resmi pembuat printer:

Itulah tadi beberapa contoh masalah pada printer yang umumnya terjadi dan cara mengatasinya sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat jika kalian mengalami beberapa kendala seperti pada contoh diatas.