Membeli Rumah

6 Tips Cara Menghemat Uang Untuk Beli Rumah

Siapa pun pasti menginginkan stabilitas dan ada keinginan untuk memiliki tempat tinggal sendiri. Tapi membeli sebuah rumah tidaklah semudah seperti yang sering kita lihat di TV. Namun itu bukanlah hal yang tidak mungkin jika kalian memiliki disiplin dan fokus yang kuat pada tujuan kalian. Ingin belajar bagaimana cara menghemat uang untuk beli rumah? Pada artikel kali ini akan dibahas 6 tips cara menghemat uang untuk beli rumah yang bisa kalian terapkan mulai sekarang.

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah yang indah? Tetapi mewujudkan impian untuk memiliki rumah sendiri mungkin tidaklah mudah. Banyak orang kesulitan membeli rumah karena harga properti yang tinggi dan sulitnya mendapatkan cukup uang untuk membuat investasi.

Hal itu tidaklah mudah terutama di saat-saat situasi ekonomi sedang sulit, tetapi dengan disiplin dan dengan perencanaan yang baik maka kalian dapat membeli tempat tinggal sendiri. Penasaran bagaimana caranya? Bacalah sekarang 6 tips sederhana dan praktis cara menghemat uang untuk beli rumah sendiri yang akan membantu kalian untuk mendapatkan rumah impian kalian.

 

1. Tentukan Pilihan Rumah Yang Tepat

Tentukan Pilihan Rumah
Tentukan Pilihan Rumah

Bayangkan jika kalian tinggal di sebuah rumah besar dengan taman, panggangan barbekyu dan ada kolam renangnya juga? Pastinya akan sangat luar biasa! Tapi bisakah kalian membayar untuk semua kenyamanan itu? Mungkin jawabannya adalah tidak jika kalian tidak memiliki penghasilan yang mencukupi. Jadi tidak ada gunanya ingin membeli sesuatu yang ada diluar realita kalian.

Tentu saja kalian tidak perlu membuang impian tersebut. Tetapi jika uang kalian tidak cukup sekarang, lebih baik dipakai untuk membeli properti yang lebih murah. Tetap berpikir logis berdasarkan kemampuan finansial kalian saat ini merupakan langkah pertama untuk mencapai tujuan kalian!

 

2. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Kurangi Penggunaan Kartu Kredit
Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

Membeli apa pun yang kalian inginkan dan membayarnya dengan kartu kredit mungkin tampaknya sangat menyenangkan, namun tidaklah selalu seperti itu. Tingkat bunga pada kartu kredit sangatlah tinggi dan jika tidak memiliki kontrol keuangan yang baik maka kalian mungkin akan pusing nantinya.

Baca Juga :  Tips Mendapatkan Penghasilan Dari Internet

Untuk dapat mengumpulkan uang yang dibutuhkan untuk membeli rumah maka yang harus kalian lakukan adalah membeli sesuatu yang hanya dapat kalian bayar secara tunai. Selain membiasakan diri untuk tidak menggunakan kartu kredit, kalian mungkin juga masih bisa mendapatkan diskon besar saat bayar di kasir.

 

3. Tinggal Sementara Dengan Orang Tua

Tinggal Bersama Orang Tua
Tinggal Bersama Orang Tua

Bagi yang masih ikut tinggal dengan orang tua akan bisa menghemat uang lebih banyak lagi. Karena dengan beban tanggung jawab yang sedikit maka uang yang misalnya untuk bayar sewa rumah atau tagihan air dapat dihindari.

Hal yang paling penting adalah untuk tetap mempertahankan manajemen keuangan yang tepat, karena beban finansial jika tinggal dengan orang tua lebih murah. Hindari pengeluaran yang tidak perlu, berhenti membeli pakaian baru tanpa alasan yang masuk akal dan hiburan yang mahal setiap hari.

 

4. Pertimbangkan Untuk Tinggal Sementara Bersama Teman

Tinggal Bersama Teman
Tinggal Bersama Teman

Bagi mereka yang tidak lagi tinggal bersama dengan orang tua maka ide terbaik adalah untuk berbagi atap dengan teman-teman alias tinggal satu kos atau satu kontrakan rumah. Dengan tinggal bersama teman, tagihan untuk biaya sewa rumah, listrik dan yang lainnya akan terbagi dengan teman-teman dan tidak akan terlalu berat untuk saku kalian.

Hal lain yang membantu kalian untuk bisa menyimpan uang lebih lagi adalah dengan membagi beban belanja makanan harian dan perabotan sehari-hari dengan teman-teman kalian. Karena pasti akan sulit untuk membeli kompor, lemari es dan sofa sekaligus bukan?

 

5. Mencari Kontrakan Rumah Yang Murah

Cari Rumah Kontrakan Murah
Cari Rumah Kontrakan Murah

Jika kalian sudah hidup sendiri maka kalian dapat menghemat uang lebih banyak dengan mendapatkan tempat tinggal yang murah. Membayar semua tagihan sendirian saja bisa sangat memberatkan dan menghemat uang di akhir bulan bisa menjadi tugas yang lebih susah.

Baca Juga :  Panduan Cara Belajar Sulap

Oleh karena itu mulailah untuk pertimbangkan alternatif ini. Kalian mungkin bisa pindah ke lingkungan lain yang lebih jauh dari daerah pusat kota. Atau bisa juga kalian memilih tempat tinggal yang lebih kecil dan dengan fasilitas yang lebih sedikit, seperti contohnya tempat tinggal yang jauh dari atau tanpa tempat rekreasi.

 

6. Menjadikan Penghematan Uang Sebagai Prioritas

Prioritaskan Penghematan Uang
Prioritaskan Penghematan Uang

Jika kalian benar-benar ingin membeli sebuah rumah maka kalian perlu meluruskan kembali apa yang menjadi prioritas kalian. Tidak ada lagi menghabiskan uang tanpa perencanaan yang baik. Satu hal yang harus diperhatikan adalah mengatur keuangan kalian dan menentukan jumlah yang tetap untuk disimpan setiap bulannya.

Beberapa bank dan jasa pengelola keuangan menawarkan pilihan untuk menjadwalkan transfer bulanan atau mingguan, contohnya seperti untuk rekening tabungan atau untuk dana investasi. Dengan cara ini maka kalian akan “diwajibkan” untuk menyimpan sebagian uang kalian dengan frekuensi tertentu.

Mengurus keuangan adalah sesuatu hal yang membutuhkan disiplin yang tinggi dan hal itu memang lebih mudah diucapkan dari pada dilakukan. Mungkin memang lama-kelamaan kalian akan merasakan kebosanan atau rasa malas untuk tetap melakukan penghematan. Tapi siapa yang benar-benar ingin mencapai tujuannya harus tetap fokus dan menetapkan prioritas. Jika impian kalian adalah memiliki sebuah rumah, lebih baik untuk meninggalkan kehidupan yang boros untuk sementara waktu. Tetap fokus menerapkan tips cara menghemat uang untuk beli rumah, hingga pada akhirnya perjuangan dan usaha yang telah dilakukan selama ini akan berbuah sebuah rumah pribadi yang kalian impikan!