Liburan Dengan Kelompok

6 Cara Mengatur Uang Saat Liburan Dengan Kelompok

Uang bisa menjadi masalah besar ketika kalian liburan dengan kelompok, terutama saat semua orang dalam kelompok liburan tersebut memiliki jumlah uang yang tidak sama untuk dihabiskan. Bila kalian pergi liburan bersama-sama dan semuanya berakhir dengan biaya liburan yang melebihi ekspektasi kalian, maka ini bisa menjadi penyebab masalah tersendiri. Itulah mengapa manajemen keuangan yang tepat penting untuk dipersiapkan sebelum liburan dengan kelompok. Itu berarti dengan memperhatikan beberapa tips pada artikel kali ini mungkin akan membuat kalian dapat menikmati waktu liburan dengan kelompok dari pada harus mengkhawatirkan tentang uang dalam dompet kalian ataupun kelompok kalian.

Berikut ini adalah 6 cara mengatur uang saat liburan dengan kelompok sehingga kalian dapat menikmati liburan dan tidak khawatir lagi tentang keuangan.

 

1. Tentukan Budget Kasar Terlebih Dahulu

Tentukan Budget
Tentukan Budget

Budget untuk liburan memang merupakan hal dasar yang harus ditentukan, terlebih lagi jika akan liburan ke luar negeri seperti contohnya liburan ke Singapura ataupun liburan di dalam negeri seperti wisata alam ke Malang atau ke Pulau Komodo.

Masing-masing anggota kelompok yang akan bepergian pastinya memiliki jumlah uang yang sewaktu-waktu bisa di akses, misalnya melalui ATM. Bukanlah suatu hal yang lucu ketika waktu bepergian kalian selalu melihat jumlah uang kalian setiap saat. Itulah mengapa membuat anggaran kasar sebelum liburan sangat dianjurkan untuk mengetahui kisaran berapa banyak uang yang harus kalian anggarkan untuk liburan.

Kalian harus memberitahu pada anggota kelompok bahwa kalian memiliki anggaran sendiri dan tujuan yang berbeda ketika pergi liburan dengan kelompok. Jika kalian sudah memberitahu anggaran kasar kalian, itu akan membantu setiap anggota kelompok lainnya untuk merencanakan juga tentang apa yang mereka bisa dan tidak bisa mereka lakukan saat sudah pergi liburan.

Baca Juga :  Tips Mendapatkan Penghasilan Dari Internet

 

2. Memahami Budget Setiap Anggota

Memahami Budget Anggota Kelompok
Memahami Budget Anggota Kelompok

Setelah kalian memutuskan budget atau anggaran selama liburan lalu cobalah untuk menaatinya. Jangan memaksa anggota kelompok lainnya jika mereka tidak mengikuti salah satu kegiatan yang sudah kalian anggarkan sebelumnya karena alasan keuangan mereka.

Biarkan anggota kelompok lainnya menaati budget mereka masing-masing dan melakukan juga apa yang mereka inginkan. Karena baik kalian maupun anggota kelompok lainnya memiliki masing-masing budget, maka tidak semua ingin menghabiskan jumlah uang yang sama untuk liburan jadi pahamilah hal itu.

 

3. Membuat Catatan Hutang Tertulis

Memiliki Catatan Hutang
Memiliki Catatan Hutang

Setiap momen liburan bersama kelompok pastinya terkadang ada beberapa anggota kelompok yang pinjam uang untuk keperluan tertentu dan mungkin kalian merupakan orang yang mudah meminjamkan uang kepada teman. Meminjamkan uang kepada teman yang membutuhkan memang baik, namun kalian juga perlu membuat catatan hutang sendiri.

Memiliki catatan hutang sendiri akan membuat kalian tidak lupa jika mungkin kalian meminjam uang teman ataupun kalian yang meminjamkan uang kepada teman saat liburan bersama. Selain itu juga kalian bisa meminimalisir kemungkinan “over budget” karena lupa bahwa uang yang dipinjamkan kepada teman merupakan sebagian uang kalian untuk akomodasi selama liburan.

Catatan yang dibuat secara digital akan membantu kalian untuk tetap up to date. Dalam hal ini sebuah aplikasi yang bernama Splitwise akan sangat membantu kalian.

 

4. Jujurlah Dengan Budget Sendiri

Jujur Terhadap Budget Sendiri
Jujur Terhadap Budget Sendiri

Jujurlah terhadap budget sendiri yang telah kalian anggarkan. Jika kalian memiliki budget yang “mepet” maka beritahukan sebelumnya kepada anggota kelompok yang akan pergi liburan bersama dan usahakan kemudian untuk tidak mencoba menyebutkan itu terlalu sering agar kalian tidak dianggap sebagai orang yang pelit. Kendalikan diri sendiri dari hal-hal yang sebelumnya tidak masuk dalam anggaran liburan kalian agar nantinya tidak terjadi “over budget”.

Baca Juga :  4 Tips Cara Menghindari Virus Komputer Secara Ampuh

 

5. Hematlah Uang Sebagai Sebuah Kelompok

Hemat Uang
Hemat Uang

Ketika kalian pergi liburan dalam sebuah kelompok maka kalian dapat menghemat uang mulai dari biaya transportasi atau untuk keperluan akomodasi lainnya. Contohnya adalah ketika kalian pergi liburan bersama kelompok atau rombongan maka besar kemungkinannya kalian akan mendapatkan diskon perjalanan. Selain itu juga bisa di diskusikan menyewa kamar hotel atau penginapan untuk rombongan yang mana bisa menghemat uang kalian dari pada harus menyewa satu kamar untuk satu orang.

 

6. Tetap Jalin Komunikasi Dengan Kelompok

Komunikasi Dengan Kelompok
Komunikasi Dengan Kelompok

Komunikasi dengan kelompok adalah hal yang penting. Kalian bisa komunikasikan beberapa hal yang bisa membuat kalian menghemat uang kalian selama liburan bersama. Komunikasikanjuga  jika kalian merasa ada hal yang tidak benar dan jangan sungkan untuk mengajak anggota kelompok berdiskusi jika ada sesuatu yang memang harus diputuskan bersama.

Nah itulah tadi beberapa hal yang bisa kalian pikirkan dan lakukan ketika memutuskan untuk pergi liburan dengan kelompok. Jika ingin mengetahui tips menarik lainnya bisa dilihat di bagian Tips & Trick. Semoga beberapa informasi tips yang diberikan bermanfaat untuk kalian semua dan jika kalian memiliki tips tambahan yang berhubungan dengan topik ini maka jangan sungkan untuk menambahkannya di kolom komentar.