Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai

5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Baterai Laptop

Laptop pada zaman sekarang ini merupakan sebuah alat yang tidak bisa dijauhkan dari kehidupan manusia. Mulai dari pekerja kantoran, guru, mahasiswa hingga pelajar pun sekarang sudah dituntut untuk paling tidak memiliki sebuah laptop. Namun ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika menggunakan sebuah laptop, salah satunya adalah daya tahan baterainya. Berikut ini akan diberikan tips tentang 5 cara meningkatkan daya tahan baterai laptop.

Banyak sekali pekerjaan kita yang sekarang ini dimudahkan dengan adanya sebuah laptop. Apalagi bentuk laptop yang lebih portable dari pada komputer desktop pada umumnya. Sehingga laptop lebih mudah dibawa kemana-mana, selain itu kita juga bisa mengerjakan pekerjaan kapanpun dan dimanapun.

Namun seperti yang kita ketahui sumber daya laptop berasal dari baterai. Kemampuan daya tahan baterai tiap laptop pun pastinya berbeda. Ingin tahu bagaimana membuat baterai laptop kita bisa bertahan lebih lama? Inilah tips 5 cara meningkatkan daya tahan baterai laptop kalian.

 

1. Tutup Aplikasi Yang Tidak Dibutuhkan

Tutup Aplikasi
Tutup Aplikasi

Cara yang pertama adalah dengan menutup aplikasi yang tidak kalian gunakan. Bukalah hanya aplikasi yang kalian butuhkan. Karena setiap aplikasi yang terbuka dan tidak kalian butuhkan pada saat itu akan tetap menggunakan resource dari laptop kalian sehingga akan mengurangi daya tahan baterai laptop.

Kalian juga bisa batasi beberapa program aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika laptop dinyalakan. Selain untuk meningkatkan daya tahan baterai laptop, hal ini juga akan mempercepat loading ketika kalian menyalakan laptop pertama kali. Hal itu dikarenakan program aplikasi yang harus di jalankan oleh laptop akan berkurang sehingga tidak akan makan resource yang terlalu besar sehingga baterai bisa bertahan lebih lama.

Baca Juga :  Beberapa Cara Mengatasi Masalah Pada Printer

 

2. Kurangi Kecerahan Layar

Kurangi Kecerahan Layar
Kurangi Kecerahan Layar

Cara yang kedua adalah dengan mengurangi kecerahan layar laptop kalian. Semakin cerah layar laptop kalian maka hal itu akan semakin menghabiskan daya baterai laptop kalian. Karena itu ketika memungkinkan sebaiknya kalian mengurangi kecerahan layar laptop kalian. Selain membuat mata tidak cepat lelah ketika memandangi layar laptop, hal ini juga akan membantu meningkatkan daya tahan baterai laptop.

 

3. Matikan Adaptor WiFi & Bluetooth

Matikan Adaptor Wireless
Matikan Adaptor Wireless

Cara yang ketiga adalah dengan mematikan adaptor wifi maupun bluetooth jika sedang tidak dipakai. Banyak orang beranggapan bahwa adaptor wifi tidak perlu dimatikan agar mudah ketika ingin menyambungkan ke koneksi wifi yang tersedia. Namun adaptor wifi maupun bluetooth yang menyala dan sedang tidak digunakan akan tetap membutuhkan daya dari baterai laptop untuk melakukan scanning terhadap koneksi yang ada di sekitar laptop.

Karena itu nyalakan adaptop wifi maupun bluetooth hanya ketika kita memerlukannya. Jika kalian hanya memerlukan koneksi wifi maka nyalakan hanya adaptor wifi saja, demikian juga sebaliknya jika kita butuh koneksi bluetooth untuk melakukan transfer data. Sebisa mungkin jangan sampai adaptor wifi dan bluetooth menyala disaat yang bersamaan agar baterai laptop kalian bisa bertahan lebih lama.

 

4. Cabut Perangkat Eksternal

Cabut Perangkat Eksternal
Cabut Perangkat Eksternal

Cara yang keempat adalah dengan mencabut perangkat eksternal yang tidak digunakan. Contoh dari perangkat eksternal yang dimaksud adalah seperti flashdisk maupun harddisk eksternal. Mungkin ada yang bertanya apakah perangkat eksternal tersebut memakan daya dari baterai laptop kita? Jawabannya tentu saja perangkat eksternal tersebut mengkonsumsi daya dari laptop.

Baca Juga :  Mengenal Lebih Dekat Smartphone Terbaru Blackberry Aurora

Penjelasannya karena perangkat eksternal tersebut perlu daya listrik agar bisa diakses oleh laptop kita. Jika tidak ada sumber listrik maka kita tidak dapat mengakses file yang disimpan di perangkat eksternal tersebut. Oleh karena itu penting untuk mecabut sesegera mungkin perangkat eksternal yang sudah selesai kita gunakan, karena jika tidak maka alat tersebut akan mempengaruhi daya tahan baterai laptop kalian.

 

5. Jangan Charge Laptop Terlalu Berlebihan

Jangan Overcharge Baterai
Jangan Overcharge Baterai

Cara meningkatkan daya tahan baterai laptop yang terakhir adalah jangan charge laptop kalian secara berlebihan. Maksudnya adalah ketika laptop kalian sudah di charge full 100%, maka cabutlah adaptor charger laptop kalian. Memang mungkin dengan kemajuan teknologi sekarang ini memungkinkan laptop terbaru secara otomatis memutus arus listrik ketika baterai sudah full. Namun tidak semua laptop yang dilekapi fitur tersebut, terutama laptop keluaran yang lebih lama.

Alangkah lebih baiknya dibiasakan jika laptop sudah di charge full langsung mencabut adaptor charger laptop. Karena jika baterai sampai over charging, maka akan membuat “usia” baterai semakin pendek. Jika “usia” baterai semakin pendek maka daya tahannya pun akan semakin singkat.

Demikianlah 5 cara meningkatkan daya tahan baterai laptop yang bisa kalian terapkan agar daya tahan baterai laptop kalian bisa lebih lama lagi. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat.